Lazis Khoiru Ummah

LOGO LAZ KHOIRU UMMAH

Amalan Ramadhan Saat Haid, Agar Wanita Tetap Mendapatkan Pahala

Setiap muslim tentu tidak ada yang ingin kehilangan momentum di bulan Ramadhan. Dengan berbagai keutamaannya, ada pahala berlipat saat beramal di bulan Ramadhan. Hal inilah yang menjadi dasar kenapa setiap muslim senantiasa berlomba untuk menjalankan ibadah. Namun apakah ada amalan Ramadhan saat haid bagi muslimah?

Perempuan diciptakan Allah dengan keadaan berbeda dengan laki-laki. Dimana saat pria bisa melakukan ibadah secara terus menerus, wanita memiliki siklus khusus yang membuatnya tidak bisa melakukan ibadah secara maksimal.

Dari Abu Said Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Bukankah bila si wanita haid maka dia tidak shalat dan tidak pula puasa? Itulah kekurangan agama si wanita.” (Muttafaqun ‘Alaih)

Pahala Berlipat di Bulan Ramadhan

Allah menetapkan bulan Ramadhan sebagai bulan mulia. Ketika seorang hamba beramal dengan niat tulus ikhlas karena Allah, banyak pahala yang akan diraihnya. Akan rugi jika seorang muslim tidak beramal di bulan tersebut, apalagi dengan kesengajaan.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman yang artinya, ‘kecuali amalan puasa. Amalan puasa untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku’. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika dia berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR Al-Bukhari No.1904)

Dari penjelasan hadits di atas, setiap amal kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Dalam Agama Islam, amal kebaikan tidak hanya menyangkut ibadah. Maka hal ini menjadi kabar gembira bagi wanita saat haid.

Meskipun wanita haid menyentuh Al-Quran sedang tidak diperbolehkan, bukan berarti menutup pintu pahala. Dengan berbagai amalan lain, para kaum hawa tetap bisa meraih pahala berlipat di bulan Ramadhan. 

Amalan Ramadhan Saat Haid

Ada baiknya para wanita membuat list rencana amalan jika datang masa haid saat bulan Ramadhan. Beberapa diantara amalan yang bisa dimasukkan daftar antara lain:

1. Sedekah

Bersedekah, Sumber: linkaja.com
Bersedekah, Sumber: linkaja.com

Sedekah merupakan amalan fleksibel. Dimana selain tidak ada ketentuan khusus terkait kuantitas, waktu pelaksanaannya pun juga bebas. Hal tersebut tentu menjadi kabar menggembirakan. Pasalnya saat diaplikasikan ketika bulan Ramadhan, manfaat dan pahalanya akan semakin meningkat.

Dengan demikian sedekah dapat dijadikan amalan wanita saat haid. Apalagi jika seorang muslimah sudah mengetahui tips sedekah setiap hari, amalan satu ini bisa terus dilakukan dari awal hingga akhir bulan Ramadhan.

Namun jika hanya sesekali, di bulan mulia tersebut terdapat sedekah istimewa yang disampaikan langsung oleh Rasulullah. Amalan tersebut adalah memberikan makan bagi orang berpuasa.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Siapa yang memberi makanan berbuka pada orang yang berpuasa, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang diberinya makanan itu tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya.” (HR At-Tirmidzi)

2. Belajar Ilmu Agama

Belajar hadits, Sumber: pixabay.com
Belajar hadits, Sumber: pixabay.com

Selain itu seorang wanita haid juga bisa memanfaatkan waktunya dengan belajar ilmu agama. Belajar kedudukannya wajib bagi muslim laki-laki dan perempuan. Dan kewajibannya mengikat dari lahir hingga meninggal.

Orang yang memanfaatkan waktunya untuk belajar, akan dimudahkan baginya masuk surga. Terlebih jika dilakukan pada bulan mulia, tentu akan lebih berdampak positif bagi orang yang istiqomah belajar.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Al-Bukhari)

3. Berdoa dan Berdzikir

Berdzikir setiap saat, Sumber: muslimahdaily.com
Berdzikir setiap saat, Sumber: muslimahdaily.com

Selain itu wanita haid juga bisa menggunakan waktunya untuk berdoa. Baik doa karena memiliki hajat maupun berdoa yang disunnahkan. Doa seperti doa setelah adzan, masuk kamar mandi dan lain sebagainya dapat dijadikan sarana meraih pahala. Terlebih doa adalah senjata bagi kaum muslim.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Doa adalah senjatanya orang beriman, tiangnya agama dan cahayanya langit dan bumi.” (HR Al-Hakim)

Di samping berdoa, muslimah juga bisa terus melakukan dzikir dalam setiap kegiatan. Esensi dari berdzikir adalah mengingat Allah. Dengan membiasakannya, seorang muslimah yang sedang haid akan terus merasa diawasi oleh Allah, dan Allah akan terus menjaganya.

4. Ibadah Sosial

Kehidupan di dunia menjadikan manusia selalu hidup bersama. Kenyataan ini dapat dimanfaatkan oleh muslimah yang sedang haid untuk terus meraih pahala. Seorang muslimah bisa membantu meringankan beban saudara seimannya sebagai bentuk ibadah sosial.

Untuk melakukan ibadah sosial saat ini semakin mudah. Jika tidak memiliki informasi terkait saudara yang sedang kesusahan, bisa memanfaatkan informasi dari lembaga terkait seperti Laziskhu. Dengan demikian informasi yang didapatkan akan lebih akurat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Barangsiapa yang melepaskan satu kesusahan orang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat.” (HR Muslim) 

5. Bershalawat

Kemuliaan Agama Islam diperjuangkan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Maka tidak mengherankan jika Allah menyeru seluruh manusia untuk bersholawat kepada beliau. Jika bershalawat di hari biasa sudah mendatangkan keutamaan, tentu dibulan Ramadhan keutamaannya akan lebih besar lagi.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya,

Sesungguhnya Allah dan para Malaikat bershalawat pada Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Itulah beberapa amalan yang bisa dimasukkan dalam list saat wanita haid menghadapi bulan Ramadhan. Mengamalkan kebaikan menjadikan wanita haid mendapatkan pahala meskipun terbatas dalam melakukan ibadah.

Sedekah Mudah Bersama Laziskhu

Laziskhu merupakan lembaga yang berdedikasi menegakkan syariat Islam dalam ranah sosial kemasyarakatan. Dengan demikian selain menghimpun dana dari kaum muslimin, Kami juga melakukan distribusi setelah melalui tahap survey.

Bagi Anda baik muslim maupun muslimah yang ingin menyalurkan sedekah, saat ini sudah semakin mudah. Melalui layanan donasi online yang telah disediakan, harapannya dapat dimanfaatkan dari manapun dan kapanpun.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan keberkahan hidup bagi para donatur. Selain itu juga menjadikan kepedulian mereka sebagai amal jariyah yang terus mengalirkan pahala.