Lazis Khoiru Ummah

LOGO LAZ KHOIRU UMMAH

Anjuran Sedekah bagi Para Wanita

Sedekah merupakan salah satu amalan dengan nilai pahala besar dan berlipat ganda di sisi Allah. Karena tidak hanya dapat membersihkan harta benda, sedekah juga dapat menghapus dosa sebagaimana air dapat memadamkan api. Sedekah sendiri tidak hanya berpatok pada harta benda saja, bahkan sesederhana senyum saja sudah termasuk sedekah.

Dengan begitu banyaknya cara untuk bersedekah, rasanya tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak melakukannya. Bahkan mungkin salah satu penyebab doa belum terkabul bisa jadi karena kurangnya sedekah yang kita lakukan. Dalil perintah sedekah sendiri juga banyak ditemukan dalam Al-Qur’an maupun Hadist.

Seperti firman Allah dalam Surah Al Baqarah ayat 267 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Apa Saja Keutamaan Sedekah?

Keutamaan sedekah, Sumber: pedulifajrifm.org
Keutamaan sedekah, Sumber: pedulifajrifm.org

Anjuran memperbanyak sedekah saat lapang dan sempit tentu buka tanpa sebuah alasan pasti. Karena faktanya sedekah memiliki keutamaan yang tidak kalah luar biasa dengan ibadah lainnya. Diantaranya: 

1. Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Ketika menyedekahkan sebagian kecil harta kita, secara kasat mata mungkin harta yang dimiliki akan terlihat berkurang. Tetapi justru sedikit kekurangan tersebut akan ditutup dengan pahala yang jauh lebih besar dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Pun, sedekah sekecil apapun yang diberikan juga akan diganti oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan akan terus bertambah berkali-kali lipat dari apa yang kita berikan. Hal ini sesuai dengan janji Allah pada Al-Qur’an surah Saba’ yang artinya: 

“Dan barangsiapa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

2. Sedekah Mampu Menghapus Dosa

Manusia adalah makhluk Allah yang tidak tidak luput dari salah apalagi dosa. Namun dibalik itu semua, manusia juga diberikan kesempatan untuk menghapus dosa-dosa tersebut, salah satunya dengan bersedekah. 

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Melipatgandakan Pahala dengan Sedekah

Keutamaan lain dari sebuah aktivitas bernama sedekah adalah dapat melipatgandakan pahala. Allah tidak hanya  akan mengganti harta yang disedekahkan dengan berlipat ganda. 

Tetapi dalam QS. Al Hadid ayat 18, Allah juga janjikan akan melipatgandakan (ganjarannya) kepada umat-Nya pahala yang banyak.

Anjuran Nabi Bagi Para Wanita, Salah Satunya Sedekah

Anjuran bersedekah bagi wanita, Sumber: linkaja.com
Anjuran bersedekah bagi wanita, Sumber: linkaja.com

Islam adalah agama yang sangat meninggikan derajat perempuan. Allah Subhanahu wa Ta’ala pun menciptakan perempuan dengan segala keindahannya, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Oleh karena itu perempuan dianggap seperti perhiasan yang harus selalu dijaga keindahannya.

Tidak hanya itu, kasih sayang Allah kepada wanita juga ditunjukkan dengan perempuan bisa masuk surga dari pintu mana saja. Dengan syarat puasa di bulan Ramadhan, berbakti kepada suami, dan menghindari zina. 

Namun di balik berbagai keistimewaannya, dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa kaum perempuan mendominasi masuk neraka karena banyak dosa.

“Aku berdiri di pintu surga, ternyata kebanyakan yang memasukinya adalah orang-orang miskin, sedang orang-orang yang mempunyai kekayaan tertahan, selain penghuni-penghuni neraka telah diperintahkan ke neraka, dan aku berdiri di pintu neraka, ternyata kebanyakan yang memasukinya adalah perempuan.” (HR. Bukhari)

Banyaknya perempuan yang menjadi penghuni neraka didasari dengan hawa nafsu dalam diri seorang wanita sangat mendominasi. Sehingga potensi untuk bersenang-senang dan melupakan akhirat lebih besar daripada pria. 

Menilik fakta bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah perempuan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberi anjuran kepada para perempuan memperbanyak sedekah dan juga beristighfar. 

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim: 

“Wahai kaum perempuan, bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena aku melihat kaum perempuan yang paling banyak menjadi penghuni neraka.” (HR. Muslim)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga berwasiat khususnya kepada kaum wanita ketika bertemu dengan Asma’, Beliau berkata, “Berinfaklah dan janganlah kamu menghitung-hitung hartamu, karena Allah juga akan menghitung-hitung rezeki-Nya untukmu. Dan janganlah engkau bakhil dengan hartamu, karena Allah juga akan bakhil kepadamu.” (HR. Bukhari)

Meskipun pada dasarnya perintah dan anjuran sedekah juga ditujukan untuk kaum laki-laki, tetapi bagi perempuan ditekankan untuk lebih memperbanyak sedekah juga memperbanyak istighfar.

Dengan memperbanyak sedekah, pun dengan ibadah lainnya diharapkan dosa-dosa yang telah diperbuat baik sengaja maupun tidak sengaja dapat diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sehingga mampu menggugurkan dosa-dosa dan menjadi penebus serta pengampunan dari Allah agar terhindar dari siksa-Nya.

Mari Bersedekah Bersama Laziskhu

Berdonasi online melalui Laziskhu, Sumber: laziskhu.org
Berdonasi online melalui Laziskhu, Sumber: laziskhu.org

Demikianlah anjuran sedekah dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam khususnya bagi para kaum wanita. Mengingat banyaknya anjuran sedekah dalam Al-Qur’an dan Hadist, sudah seharusnya sebagai manusia yang serba berkecukupan untuk menyisihkan sedikit harta untuk saudara yang membutuhkan. 

Apalagi sekarang ini sedekah menjadi sangat mudah dengan layanan sedekah online yang bisa dilakukan hanya melalui smartphone saja. Laziskhu sebagai lembaga amil, zakat, dan infaq memiliki layanan sedekah online bagi Anda yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk melakukan sedekah secara langsung. 

Dengan layanan sedekah online, Anda bisa bersedekah kapan saja dan dimana saja. Salurkan sedekah Anda kepada Laziskhu dan kami akan menyalurkannya kembali secara tepat sasaran kepada mereka yang membutuhkan. 

Semoga Allah senantiasa memberikan kesempatan bagi kita memperbanyak sedekah untuk membersihkan harta dan menghapus banyaknya dosa.