Lazis Khoiru Ummah

5 Keajaiban Sedekah Rutin yang Bisa Menjadi Motivasi Amal

Ada beragam motivasi manusia dalam melakukan amalan. Namun, dalam keadaan tertentu, terkadang manusia kehilangan motivasi. Saat itulah manusia bisa kembali mengingat keajaiban sedekah rutin, sebagai pemicu dalam beramal. 

Mengapa memilih sedekah? Sebab sedekah merupakan amalan yang fleksibel. Dalam Agama Islam, seseorang tidak dibatasi dalam bersedekah, baik waktu maupun jumlah. Ketika sedekah sudah terbiasa dilakukan, lambat laun amalan lain pun akan ringan dikerjakan.

Kabar gembiranya, sedekah memilih berbagai macam keutamaan. Terlebih jika sedekah itu dilakukan dengan rutin dan didasari oleh niat yang benar. Bahkan keajaiban dari sedekah rutin tidak hanya Allah berikan saat di dunia, namun hingga ke akhirat.

Niat Bersedekah

Niat dalam bersedekah, Sumber: mufakatalbanna.or.id
Niat dalam bersedekah, Sumber: mufakatalbanna.or.id

Untuk bisa melakukan sedekah setiap hari, seorang muslim bisa memulainya dengan melakukan introspeksi diri. Hal ini dilakukan untuk memunculkan rasa syukur. Sebab sejatinya sedekah merupakan refleksi manusia dalam mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

Ketika melakukan introspeksi diri, manusia akan menemukan dirinya telah dikaruniai begitu banyak nikmat. Kesadaran itu nantinya akan mengikis hati yang beku dan kembali menguatkan motivasi. Akhirnya niat pun akan muncul, yaitu niat yang benar untuk bersedekah karena Allah.

Dari Amirul Mukminin ‘Umar Ibn Khattab Radhiyallahu ‘Anhu, beliau mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan ridha) Allah dan RasulNya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan RasulNya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang dikendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai seperti) yang dia niatkan”. (HR Bukhari dan Muslim)

Allah telah menyediakan balasan bagi yang beramal dengan niat karenaNya. Maka, dalam memulai sedekah, jangan sampai ada niat lain selain karena Allah. Sebab yang demikian akan menjadi sedekah yang tidak diterima.

Di saat niatnya benar dan mulai terbiasa melakukannya, keajaiban sedekah rutin telah menunggu. Meskipun keajaiban itu hanya Allah semata yang mengetahui secara pasti, namun banyak dalil yang menjelaskan garis besarnya. Lalu apa saja keajaiban itu?

Keajaiban Sedekah Rutin

Memulai bersedekah terkadang memang terasa berat. Namun, ketika sudah ada motivasi, sebaiknya sedekah dilakukan dari nominal kecil. Meskipun sedekah 2000 setiap hari, namun tetap akan mendatangkan keajaiban saat dilakukan dengan niat karena Allah. 

Sedekah rutin, Sumber: ayobandung.com
Sedekah rutin, Sumber: ayobandung.com

Ada cukup banyak keajaiban sedekah rutin yang bisa didapatkan, diantaranya:

1. Memanjangkan Umur

Satu harapan saat manusia hidup di dunia adalah memiliki umur yang panjang dan berkecukupan. Sebab dengan umur yang panjang, ibadah yang dilakukan pun tentu memiliki durasi yang lebih. Dan kecukupan dalam hidup akan membuat ibadah semakin khusyuk.

Salah satu keajaiban sedekah adalah dapat memanjangkan umur. Hal ini terdapat dalam sebuah penjelasan dalil dari hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang artinya,

Sesungguhnya sedekah seorang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sikap sombong, kefakiran dan membanggakan diri”. (HR Thabrani)

2. Dilipatgandakan Rezeki

Tidak hanya itu, keajaiban sedekah rutin juga akan mendatangkan rezeki yang berlipat. Saat seorang muslim mengeluarkan sedikit hartanya karena Allah, maka Allah pun akan melipatgandakan yang sedikit tersebut. Apalagi jika yang dikeluarkan dalam jumlah yang lebih banyak.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 261 yang artinya,

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. pada setiap bulir Allah lipat gandakan ganjarannya menjadi seratus bulir bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karuniaNya lagi Maha Mengetahui”.

Dari ayat tersebut jelaslah konsep rezeki dalam Islam. Kekayaan bagi seorang muslim bukanlah harta yang dikumpulkan dan ditahannya, namun rezeki yang hakiki adalah yang dikeluarkannya. Jika tidak Allah lipat gandakan di dunia, maka akan mendatangkan kebaikan di akhirat kelak.

3. Mendapat Ketenangan Hidup

Seorang muslim yang rutin mengeluarkan sedekah akan mendapat ketenangan hidup. Ketenangan dalam hidup mahal harganya, sebab dengannya hidup akan terasa nikmat. Ibadah yang dilakukan juga menjadi terasa khusyuk.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 274 yang artinya,

Orang-orang yang menginfakkan hartanya pada malam dan siang hari secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan mereka mendapatkan pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada takut dalam diri mereka dan mereka tidak bersedih hati”.

4. Dihapuskannya Dosa

Sedekah amalan penghapus dosa, Sumber: sarungatlas.co.id
Sedekah amalan penghapus dosa, Sumber: sarungatlas.co.id

Dosa akan menjadi penghambat di akhirat kelak. Maka, ketika masih ada di dunia, sebaiknya seorang muslim melakukan amalan yang bisa menghapuskan dosa. Sedekah menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan oleh seorang muslim. 

Hal itu sebagaimana sebuah hadits terkenal yang artinya,

Bersedekahlah kalian meskipun hanya sebiji kurma, sebab sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang lapar dan memadamkan kesalahan sebagaimana air yang memadamkan api”. 

Hal ini selayaknya memotivasi setiap muslim untuk bersedekah. Terlebih saat ini sedekah mudah dilakukan. Adanya lembaga seperti Laziskhu dapat dimaksimalkan dalam melakukan amalan sedekah.

5. Naungan Hari Kiamat

Terakhir, sedekah rutin juga dapat menjadi naungan ketika hari kiamat. Sebagaimana diketahui bersama, tidak ada yang bisa memberikan pertolongan ketika di hari kiamat kelak kecuali amalannya. Sedekah yang bisa menjadi naungan di sana kelak, selayaknya menumbuhkan semangat umat Islam untuk melakukannya.

Hal ini sebagaimana penjelasan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang artinya,

Naungan orang beriman di hari kiamat adalah sedekahnya”. (HR Ahmad)

Nah itulah lima keajaiban sedekah rutin yang terdapat dalam dalil, baik dalam AL Quran maupun Hadits Rasulullah. Keajaiban tersebut dapat dijadikan bahan muhasabah setiap muslim untuk pemicu motivasi. 

Lembaga Amil Zakat Laziskhu
Lembaga Amil Zakat Laziskhu

Saat motivasi sudah muncul, akan lebih baik jika segera mengamalkan sedekah. Saat ini sedekah dapat dilakukan saat seorang muslim memiliki niat. Layanan sedekah online menjadikan sedekah subuh pun begitu mudah dengan bantuan smartphone dalam genggaman.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu menunjukkan hati orang beriman dalam keistiqomahan beramal. Dan semoga Allah berkenan menerima setiap amal sholeh yang dilakukan oleh hamba-hambaNya.