Lazis Khoiru Ummah

LOGO LAZ KHOIRU UMMAH

7 Keistimewaan Sedekah di Hari Jumat yang Sayang Jika Dilewatkan

Jumat merupakan salah satu hari istimewa dan memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Salah satunya keistimewaan sedekah di hari Jumat. 

Sedekah adalah bentuk tindakan yang dapat membuat diri seseorang menjadi lebih dekat dengan Allah Subhanahu WA Ta’ala. Dalam ajaran Islam, hari Jumat merupakan salah satu hari istimewa. 

Sedekah yang dilakukan pada hari Jumat memiliki banyak sekali manfaat dan keistimewaan. Sebab hari Jumat memiliki banyak sekali kebaikan dan keistimewaan. Cara sedekah Jumat juga bisa dilakukan dengan berbagai hal. Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga memberitahu para umatnya untuk memperbanyak ibadah pada hari Jumat. 

Keistimewaan Melakukan Sedekah di Hari Jumat

Jumat mampu menjadi salah satu hari yang paling istimewa dalam ajaran Islam. Jumat juga merupakan hari dimana semua doa akan lebih cepat dikabulkan. Pada hari tersebut seseorang juga akan mendapatkan berkah yang melimpah.

Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda “Sebaik-baiknya hari yang mana hari itu matahari terbit adalah hari Jumat”, (HR. Muslim). Berikut merupakan beberapa keistimewaan sedekah di hari Jumat. 

1. Termasuk ke Dalam Amalan Sholeh 

Salah satu keistimewaan sedekah makanan di hari Jumat dan berbagai jenis sedekah lainnya adalah sedekah tersebut termasuk ke dalam salah satu amalan sholeh. Oleh sebab itu umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan sedekah agar mendapatkan berkah yang berlimpah dari Allah Subhanahu WA Ta’ala.

Selain itu seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa Jumat merupakan salah satu hari istimewa sehingga syafaat yang didapatkan akan memiliki jumlah lebih tinggi. Oleh sebab itu, keistimewaan sedekah di hari Jumat mampu menambah amalan baik yang sangat disukai Allah Subhanahu WA Ta’ala.

2. Memperluas Pintu Rezeki 

Keutamaan sedekah di hari jumat salah satunya memperluas pintu rezeki, Sumber: bwi.go.id
Keutamaan sedekah di hari jumat salah satunya memperluas pintu rezeki, Sumber: bwi.go.id

Keistimewaan lain yang bisa didapatkan dengan melakukan sedekah di hari Jumat adalah memperluas pintu rezeki. Namun dengan catatan, sedekah tersebut dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan. Sedekah online juga merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keistimewaan sedekah pada hari Jumat.

Orang yang senantiasa menyerahkan harta di jalan Allah Subhanahu WA Ta’ala dan kepentingan akhirat termasuk ke dalam salah satu jenis sedekah. Allah Subhanahu WA Ta’ala juga akan memberikan harta serta kekayaan di dalam jiwa seseorang. Semua yang diinginkan di dunia akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu WA Ta’ala.

3. Memiliki Pahala Sama dengan Bulan Ramadhan 

Sedekah yang dilakukan pada hari Jumat juga memiliki pahala yang sama dengan bulan Ramadhan. Seperti yang sudah diketahui, Ramadhan merupakan salah satu bulan suci dalam agama Islam. Sebab bulan ini memiliki banyak sekali keberkahan di dalamnya dengan pahala yang berlipat ganda.

Ternyata melakukan kebaikan di hari Jumat juga memiliki syafaat yang hampir sama dengan bulan Ramadhan. Jadi umat muslim yang melakukan kebaikan di hari Jumat, termasuk ke dalam sedekah dan akan mendapatkan pahala berlipat ganda sama halnya seperti pahala di bulan Ramadhan. 

4. Selalu Mendapatkan Karunia Berlimpah 

Keuntungan dan manfaat selanjutnya yang akan Anda dapatkan ketika melakukan sedekah pada hari Jumat adalah selalu mendapatkan karunia berlimpah. Allah Subhanahu WA Ta’ala senantiasa akan selalu memberikan karunianya kepada orang-orang yang dipilih. 

Karunia yang akan didapatkan orang tersebut ketika melakukan sedekah pada hari Jumat juga akan dilipat gandakan bagi orang-orang yang dikehendaki Allah Subhanahu WA Ta’ala. Pahala tersebut juga dapat mencapai 700 kali lipat besarnya. 

5. Mendatangkan Berkah dan Rezeki Bagi Keluarga

Sedekah mendatangkan keberkahan bagi keluarga, Sumber: muslim.sg
Sedekah mendatangkan keberkahan bagi keluarga, Sumber: muslim.sg

Keistimewaan dan manfaat dari sedekah yang dilakukan pada hari Jumat juga tidak akan dirasakan oleh diri sendiri saja, namun juga bagi keluarga orang tersebut. Amalan baik tersebut juga akan mendatangkan berkah bagi keluarga orang yang bersangkutan.

Rezeki yang diberikan juga bukan hanya sekedar berupa materi saja, namun juga bisa berupa keberkahan di dunia maupun akhirat nantinya. Namun sedekah yang dikeluarkan harus tidak memiliki tujuan lain kecuali hanya untuk beribadah kepada Allah Subhanahu WA Ta’ala.

6. Mempererat Tali Silaturahmi 

Orang-orang yang selalu berbuat baik dan sering melakukan sedekah, tanpa disadari hal ini mampu mempererat tali silaturahmi dengan orang yang ditolong tersebut. Hal tersebut juga termasuk ke dalam salah satu manfaat dan keistimewaan yang didapatkan ketika bersedekah untuk orang lain. 

Bersedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan cara mengeluarkan harta yang dimiliki saja. Namun juga bisa dilakukan dengan cara membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan. Anda dapat berbuat baik kepada semua orang tanpa harus melihat siapa orangnya. 

7. Merupakan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam

Hadits Rasulullah mengenai anjuran sedekah, Sumber: islamicity.org
Hadits Rasulullah mengenai anjuran sedekah, Sumber: islamicity.org

Bersedekah juga merupakan salah satu sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Oleh sebab itu setiap kali menjalankan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam akan memberikan berkah bagi seseorang yang melakukannya dengan ikhlas.

Bukan hanya itu saja, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga menganjurkan untuk melakukan sedekah pada hari Jumat. Terutama pada siang dan malam hari, sekaligus memperbanyak ibadah shalat. Oleh sebab itu sedekah pada hari Jumat merupakan salah satu perbuatan yang dapat mendatangkan manfaat bagi kehidupan di dunia dan di akhirat. 

Sekarang melakukan sedekah di hari Jumat sudah tidak sulit lagi. Sebab Anda bisa berdonasi melalui Laziskhu. Bersama Laziskhu Anda bisa membantu orang-orang yang membutuhkan sekaligus mendapatkan keistimewaan sedekah di hari Jumat. Berapapun besar nominal yang Anda sedekahkan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.