Lazis Khoiru Ummah

LOGO LAZ KHOIRU UMMAH

Inilah Keistimewaan Sedekah saat Sempit, Jangan Sampai Terlewatkan!

Berbicara mengenai sedekah memang sangat erat hubungannya dengan mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki untuk disalurkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Namun, tidak selamanya seseorang  berada dalam keadaan ekonomi yang ideal. Namun, tahukah Anda bahwa sedekah saat sempit harta ternyata memiliki keistimewaannya sendiri?

Setiap muslim tentu sudah memahami bahwa amalan bersedekah menjadi salah satu amalan yang dicintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dengan berbagi kebahagian melalui sedekah sama saja artinya dengan mensyukuri nikmat yang telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala anugerahkan kepada para hamba-Nya. 

Maka tidak heran ganjaran orang yang bersedekah adalah pahala yang besar. Apalagi melakukan sedekah saat sempit harta. Mengapa bisa begitu?

Bayangkan saja apabila ada seseorang dengan keadaan harta yang cukup bahkan lebih dari cukup lalu ia melakukan sedekah. Tentu, pertimbangan untuk melakukan amalan tersebut tidak begitu sulit. Namun, lain halnya jika orang tersebut sedang mengalami kesulitan ekonomi, tentunya ada beberapa pertimbangan sebelum ia mengeluarkan sebagian hartanya untuk bersedekah.

Untuk itulah bersedekah dikala sedang sempit memiliki keistimewaan tersendiri. Lalu, apa saja keistimewaan yang bisa seorang muslim raih dengan melakukan amalan bersedekah meskipun dalam keadaan yang tidak lapang?

Keistimewaan sedekah saat sempit, Sumber: galamedia.pikiran-rakyat.com
Keistimewaan sedekah saat sempit, Sumber: galamedia.pikiran-rakyat.com

Beragam Keutamaan yang Bisa Diraih dengan Bersedekah Saat Sempit

Beberapa keutamaan yang bisa seorang muslim raih dengan bersedekah meskipun dalam keadaan sempit. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sedekah sebagai Pelebur Dosa

Dalam salah satu sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau mengatakan bahwa dengan beramal sedekah, atas izin Allah Ta’ala, dosa maksiat yang dimiliki dapat terhapus. Berikut adalah hadits yang menjelaskan pernyataan tersebut:

“Keluarga, harta, dan anak dapat menjerumuskan seseorang dalam maksiat (fitnah). Namun fitnah itu akan terhapus dengan shalat, shaum, shadaqah, amar ma’ruf dan nahi mungkar.” (HR. Bukhari No. 3586 dan HR. Muslim No. 144).

2. Sedekah Bukan Berarti Mengurangi Harta

Sebagian besar dari para donatur Laziskhu mungkin sudah mengetahui tentang salah satu sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu yang berbunyi:

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim No. 2558).

Dijelaskan oleh Yahya bin Syarf An Nawawi Rahimahullah mengenai hadits di atas bahwa yang dimaksud dari sedekah tidak mengurangi harta yang dimiliki adalah meskipun secara materi harta tersebut jumlahnya memang berkurang, namun kekurangan tersebut akan diganjar dengan pahala dari Allah Ta’ala dengan jumlah dan kelipatan yang amat banyak.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa orang yang bersedekah dengan hartanya maka akan diberkahi dan dihilangkan dari berbagai bahaya yang bisa jadi menimpanya. Keberkahan ini bisa disebut sebagai keajaiban sedekah, bahwa meskipun harta yang dimiliki menjadi berkurang, tetapi harta tersebut menjadi lebih bermanfaat bagi pemiliknya dan tidak akan habis secara percuma.

Bersedekah tidak mengurangi harta, Sumber: cianjurtoday.com
Bersedekah tidak mengurangi harta, Sumber: cianjurtoday.com

3. Mendapat Doa dari Malaikat

Disebutkan dari salah satu hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari No. 1442 dan Muslim No. 1010).

Seperti yang diketahui bahwa doa-doa yang diucapkan para malaikat merupakan doa yang mustajab, yang artinya sangat mudah untuk dikabulkan oleh Allah. 

Maka dengan kata lain, hadits di atas dapat dimaknai bahwa bagi siapa saja yang memulai harinya dengan memberikan nafkah ke keluarga dan sanak saudara maupun mengeluarkan sedekah, maka para malaikat akan senantiasa mendoakan orang tersebut agar diganjar dengan pengganti yang terbaik di sisi Allah.

4. Pahala Sedekah saat Sempit

Keutamaan lain dari amalan sedekah yakni ketika seseorang bersedekah dari harta yang didapatkan secara halal dan thayyib, lalu diniatkan untuk mendapat ridho Allah, maka Allah akan menerima amalnya dan melipat gandakan pahala baginya. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu:

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang bersedekah dengan sesuatu sebesar satu biji kurma dari hasil usaha yang baik dan Allah tidak menerima kecuali yang baik, maka Allah akan menerimanya dengan tangan kananNya kemudian Dia mengembangkanNya bagi pelakunya sebagaimana salah seorang di antara kalian mengembang biakkan anak kudanya sehingga menjadi sebesar gunung.” (HR. Bukhari No. 1410).

Contoh Sedekah dalam Kehidupan Sehari-hari

Perlu diketahui bahwa bersedekah tidak selalu dengan mengeluarkan materi atau harta. Terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya: engkau berlaku adil kepada dua orang (yang bertikai/berselisih) adalah sedekah. Engkau membantu seseorang menaikkannya ke atasnya hewan tunggangannya atau engkau menaikkan barang bawaannya ke atas hewan tunggangannya adalah sedekah. Ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang engkau jalankan menuju (ke masjid) untuk shalat adalah sedekah, dan engkau menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.’” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan bersedekah dapat meleburkan dosa, Sumber: um-surabaya.ac.id
Dengan bersedekah dapat meleburkan dosa, Sumber: um-surabaya.ac.id

Begitulah bentuk kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang meluaskan kesempatan setiap hamba-Nya untuk melakukan amal sholeh yakni salah satunya dengan bersedekah. 

Adapun jika Anda ingin membangun kebiasaan untuk bersedekah secara rutin, ada kesempatan yang sangat terbuka yaitu dengan menyalurkannya melalui program zakat online yang dimiliki oleh Laziskhu.

Berbagai program kebaikan yang diinisiasi oleh lembaga ziswaf yang berlokasi di Malang ini diharapkan dapat menjadi sebuah ladang kebaikan bagi para donatur maupun calon donatur yang ingin menyedekahkan sebagian hartanya melalui program Laziskhu. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi kontak WhatsApp kami. Terima kasih.