Lazis Khoiru Ummah

LOGO LAZ KHOIRU UMMAH

7 Keutamaan Penghafal Al Quran untuk Kehidupan Dunia dan Akhirat

Setiap muslim dianjurkan untuk berlomba mengerjakan amal kebaikan. Agama Islam pun telah menjelaskan amalan-amalan tersebut lengkap dengan keutamaannya. Salah satu diantaranya yaitu 7 keutamaan penghafal Al Quran.

Sebagai petunjuk kehidupan, keberadaan Al Quran begitu penting. Di dalamnya tak sekedar berisi urusan spiritual, bahkan aturan lengkap dari urusan pribadi hingga bernegara. Menghafalkannya berarti menjaga semua ketetapan Allah Ta’ala tersebut agar terus ada.

Adanya keutamaan yang dari menghafalkan Al Quran tentu menjadi dorongan bagi setiap muslim untuk berusaha mengamalkannya. Lantas, apa saja keutamaan yang akan didapatkan oleh muslim yang menghafalkan Al Qur’an tersebut? Simak ulasan berikut!

7 Keutamaan Penghafal Al Quran

Banyak dalil yang menjelaskan keutamaan bagi orang yang menghafalkan Al Quran. Ini adalah landasan kokoh bagaimana para penghafal Al Quran mendapatkan keistimewaan.
Adapun beragam keutamaan menghafalkan Al Quran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendapat Mahkota Kemuliaan

Salah satu jaminan penghafal Al Quran yang perlu diketahui adalah akan diberikannya mahkota kemuliaan kepadanya. Hal itu merupakan bentuk penghargaan kepadanya karena banyak menghabiskan waktu bersama kitab suci kaum muslim tersebut.

mendapatkan mahkota kemuliaan, salah satu keutamaan penghafal Al Quran. sumber: promediateknologi.com
mendapatkan mahkota kemuliaan, salah satu keutamaan penghafal Al Quran. sumber: promediateknologi.com

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, suatu ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

“Penghafal Al Quran akan datang di hari kiamat kemudian Al Quran akan berkata, “Ya Tuhanku berikanlah perhiasan (kepada orang yang menghafal Al Quran)”. Kemudian orang tersebut dipakaikan mahkota karomah (kemuliaan). Setelah itu Al Quran memohon kembali, “Ya Tuhanku ridhailah dia”. Kemudian Allah meridhoinya dan diperintahkan kepada orang itu, “bacalah Al Quran dan terus naik ke surga”. Lantas derajatnya di surga pun terus bertambah. Setiap ayat dibacanya terdapat satu kebaikan.”

2. Mendapat Syafaat

Di hari pembalasan kelak manusia tidak akan bisa saling menolong. Satu hal yang bisa diharapkan kecuali amal kebaikan masing-masing adalah adanya syafaat. Terkait hal ini, salah satu keutamaan yang akan didapatkan setiap muslim yang menghafalkan Al Quran adalah mendapatkan syafaat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Juga, adanya pahala seperti pahala sedekah yang didapatkan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda yang artinya,

“Bacalah Al Quran, maka sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada pemiliknya. Bacalah Az Zahrawain yakni Al Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca kedua surat tersebut. bacalah surat Al Baqarah, mengambil surat tersebut adalah keberkahan dan meninggalkannya adalah penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalkannya.”

3. Hadiah Terbaik untuk Orang Tua

Alasan yang juga menjadi motivasi menghafal Al Quran salah satunya adalah sebagai hadiah terbaik untuk orang tua. Pasalnya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan pakaian bercahaya pada para penghafal Al Quran.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, dari sahabat Mu’adz Al-Jurhani bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda yang artinya,

“Barangsiapa membaca Al Quran dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya lebih terang dari cahaya matahari seandainya berada di rumah-rumah kalian di dunia. Maka bagaimana menurut kalian tentang orang yang mengamalkannya?”

4. Diutamakan Memimpin Shalat

Dalam kehidupan bermasyarakat, Imam untuk shalat seringkali dilihat dari ketokohan ataupun pangkat. Padahal dari segi bacaan dan hafalan yang bersangkutan masih banyak kekurangan. Dalam hal ini, jika ada penghafal Al Quran sebenarnya lebih berhak dan pantas dijadikan pemimpin shalat.

para penghafal Al Quran, diutamakan menjadi imam salat. sumber: esqnews.id
para penghafal Al Quran, diutamakan menjadi imam salat. sumber: esqnews.id

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari sahabat Ibn Mas’ud bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda yang artinya,

“Yang lebih berhak memimpin kamu adalah yang paling bagus bacaan Al Qurannya di antara kamu.”

5. Manusia Terbaik

Selain menjelaskan manusia terbaik adalah mereka yang paling bermanfaat kepada sesamanya, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga menyampaikan manusia terbaik yang lain adalah para penghafal Al Quran serta mengajarkannya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda yang artinya,

“Sebaik-baik manusia di antara kamu adalah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.”

Maksudnya penjelasan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallamdi atas yaitu bagi mereka yang mengajarkan niat tulus karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bukan karena kepentingan dunia dan hawa nafsu. Terkait hal ini Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 41 yang artinya,

“Janganlah kamu jual ayat-ayatKu dengan harga yang murah dan bertakwalah hanya kepadaKu.”

6. Jiwa yang Tenang

Menghafalkan Al Quran berarti mengingatnya dalam waktu ekstra. Dalam sehari intensitas waktu yang digunakan menghafal lebih banyak daripada aktivitas lain. Karena banyak terhubung dengan Al Quran, maka para penghafal Al Quran akan memiliki hati dan jiwa yang tenang.

Berkenaan dengan hal ini, terdapat ayat yang menjelaskan keutamaan menghafal Al Quran akan memberi ketenangan jiwa. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman di dalam surat Ar-Ra’d ayat 28 yang artinya,

“Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

7. Ibarat Rumah yang Indah dan Menawan

Menghafalkan Al Quran berarti mengumpulkannya di dalam hati. Dengan demikian akan menghindarkan dari bahaya yang telah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sampaikan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dari sahabat Ibnu Abbas, bahwa suatu ketika Rasulullah pernah menyampaikan bahayanya hati tanpa sedikitpun Al Quran di dalamnya. Beliau bersabda yang artinya,

“Sesungguhnya seseorang yang di dalam jiwanya tidak ada sedikit pun dari Al Quran, ibarat sebuah rumah yang rusak.”

Itulah 7 keutamaan penghafal Al Quran yang akan didapatkan oleh setiap muslim yang berusaha. Tentu, keutamaan di atas sebenarnya hanyalah bonus semata karena apa yang utama dari usaha menghafalkan Al Quran adalah mendapatkan ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala dan sebagai bukti ketaatan kepada-Nya.

Peduli Para Penghafal Al Quran Bersama LAZISKHU

Menunjukkan kepedulian pada para penghafal Al Quran adalah salah satu amal jariyah yang bisa dilakukan seorang muslim, terutama mereka yang terkendala untuk menghafal Al Quran. Dengan kepedulian tersebut, mereka akan lebih fokus dalam menghafal.

Berkenaan dengan hal ini, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda yang artinya,

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sikap sombong, kefakiran dan bangga pada diri sendiri.” (HR Thabrani)

kepedulian kepada para penghafal Al Quran, salah satu amal jariyah setiap muslim. sumber: palestinechronicle.com
kepedulian kepada para penghafal Al Quran, salah satu amal jariyah setiap muslim. sumber: palestinechronicle.com

LAZISKHU menyediakan layanan sedekah penghafal Al Quran online yang akan memudahkan Anda untuk beramal jariyah tanpa terkendala. Tentu saja, dana sedekah yang masuk akan dikelola dengan profesional dan sesuai syariat Islam untuk memberikan dukungan terbaik bagi para penghafal Al Quran.

Dalam surat Al Hijr ayat 9 Allah Ta’ala berfirman yang artinya,

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran dan Kami pula yang menjaganya.”

Para penghafal Al Quran adalah bagian dari penjaganya. Memperhatikan mereka berarti juga memperhatikan keberadaan Al Quran. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan kemudahan bagi orang-orang yang peduli pada para penghafal Al Quran.