Lazis Khoiru Ummah

Keutamaan Puasa Muharram, Muslim Wajib Tahu!

Keutamaan ibadah puasa begitu luar biasa bagi umat Islam. Terlebih jika amalan ini dilakukan dalam waktu yang istimewa seperti bulan Muharram. Keutamaan puasa Muharram hampir menyamai puasa di bulan Ramadhan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah (puasa) di bulan Allah (bulan) Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib (lima waktu) adalah shalat malam”. (HR Muslim)

Berdasarkan hal itu, sebaiknya seorang muslim tidak terlewat melaksanakan puasa Muharram. Lantas apa saja keutamaannya?

Ragam Puasa Muharram

Berpuasa sunnah di bulan Muharram, Sumber: pennyappeal.org
Berpuasa sunnah di bulan Muharram, Sumber: pennyappeal.org

Maksud dari puasa Muharram adalah menjalankan ibadah puasa yang ada di bulan Muharram. Dengan melakukannya, harapannya seorang muslim akan mendapatkan keutamaan puasa Muharram. 

Ragam puasa yang bisa dilakukan di bulan Muharram yang dianjurkan bagi setiap muslim diantaranya:

1. Puasa Senin Kamis

Puasa pada hari Senin dan Kamis menjadi salah satu yang bisa dilakukan pada bulan Muharram. Dalam satu bulan jika diakumulasikan ada lebih dari tiga hari senin dan kamis. Maka saat puasa dilakukan dengan niat karena Allah, keutamaan pun akan muslim dapatkan.

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam senang berpuasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR Tirmidzi)

Selain berharap mendapat keutamaan, melakukan puasa Senin dan Kamis juga bisa dijadikan media mendidik anak. Cara mengajarkan anak berpuasa lebih efektif jika dimulai dengan berpuasa sunnah seperti puasa Senin dan Kamis.

2. Puasa ‘Asyura

Puasa di tangal 10 Muharram ini menjadi puasa paling utama yang bisa dilakukan pada bulan Muharram. Pada masa lalu Rasulullah bahkan hingga memerintahkan para sahabat untuk melakukannya. Pasalnya puasa ini dahulu juga dilakukan oleh Nabi Musa sebab diselamatkan oleh Allah dari kejaran Fir’aun.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Kita lebih berhak mengikuti Nabi Musa ‘Alaihissalam daripada mereka (orang yahudi)”. (HR Bukhari)

Berkenaan dengan puasa ini, terdapat dalil puasa Muharram yang statusnya lemah. Meskipun sangat populer namun hadits ini tidak bisa dijadikan pijakan oleh umat Islam.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Berpuasalah pada hari ‘Asyura dan selisihilah orang-orang Yahudi. Berpuasalah sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya”. (HR Ahmad)

3. Puasa Tasu’a

Selain puasa ‘Asyura akan lebih lengkap jika seorang muslim juga melakukan puasa Tasu’a. sebab salah satu puasa di bulan Muharram ini sempat diniatkan akan dilakukan oleh Rasulullah jika diberikan kesempatan untuk hidup lebih lama.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Kalau aku masih hidup tahun depan, maka sungguh aku akan berpuasa pada tanggal 9 Muharram”. (HR Muslim)

Nah, itulah beberapa puasa yang bisa dilakukan pada bulan Muharram. Untuk mendapatkan keutamaan, ada juga sebagian umat Islam yang melaksanakan puasa ayyamul bidh.

Keutamaan Puasa Muharram

Perbanyak berdoa selagi berpuasa di bulan Muharram, Sumber: ayobandung.com
Perbanyak berdoa selagi berpuasa di bulan Muharram, Sumber: ayobandung.com

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menyiapkan banyak keutamaan bagi hambaNya yang ikhlas melakukan puasa Muharram. Dan berikut adalah beberapa keutamaan puasa Muharram:

1. Penggugur Dosa

Setiap manusia yang Allah ciptakan di dunia pasti memiliki dosa, kecuali para Nabi yang ma’sum. Dengan demikian sebelum dosa diperhitungkan di hari pembalasan, sebaiknya umat Islam melakukan amalan yang bisa menjadi penggugur dosa saat masih berada di dunia.

Salah satu amalan itu adalah berpuasa. Ketika ditanya oleh seorang sahabat tentang keutamaan puasa ‘Asyura, maka beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Puasa ini menggugurkan (dosa-dosa) di tahun lalu”. (HR Muslim)

2. Seakan Puasa Sebulan Penuh

Begitu besar keutamaan puasa Muharram. Tentu bagi orang yang mengajak saudara seiman melakukannya, maka akan menjadi pahala yang tiada putus. Jika ada saudara yang melakukan, maka pahala akan mengalir kepada yang mengajak.

Keutamaan yang luar biasa jika berpuasa di bulan Muharram adalah seperti melakukan puasa sebulan penuh. 

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu ‘Abbas, beliau berkata yang artinya,

Orang yang berpuasa pada hari Arafah maka menjadi pelebur dosa dua tahun dan orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharram maka baginya menjadi sebab puasa setiap sehari pahala 30 hari puasa”. (HR At-Thabrani)

3. Amalan Bulan Mulia

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan mulia yang ada dalam agama Islam. melakukan amalan di bulan Mulia tentu akan mendatangkan banyak keutamaan. 

Dalam sebuah riwayat dari Al-Bahili, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Wahai Rasulullah, Aku adalah lelaki yang pernah mendatangimu pada tahun pertama”. Rasulullah bersabda, “Dulu aku tidak melihat tubuhmu lemah”. Al-Bahili menjawab, “Wahai Rasulullah, aku tidak mengonsumsi makanan di siang hari, aku tidak makan kecuali di waktu malam”. Rasulullah bersabda, “Siapa yang menyuruhmu menyiksa dirimu?”, Aku menjawab, “Wahai Rasulullah aku mampu berpuasa (terus-menerus)”. Rasulullah bersabda,”Puasalah bulan sabar (Ramadhan) dan tiga hari setelahnya, dan puasalah pada bulan-bulan mulia”. (HR Abu Dawud)

Itulah beberapa keutamaan puasa Muharram. Meskipun puasa Muharram dilaksanakan pada hari dan tanggal tertentu, namun keutamaannya begitu besar. Terlebih jika puasa Muharram dimaksimalkan dengan sedekah, baik melalui layanan sedekah online maupun sedekah secara langsung.

Amalan Untuk Allah

Kabar yang lebih menggembirakan adalah amalan puasa menjadi amalan yang dilihat Allah secara khusus. Sebab dalam berpuasa, hanya Allah dan hamba saja yang tahu tentang puasanya seorang hamba.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda dalam hadits qudsi yang artinya,

Semua amalan bani Adam untuknya, kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberi ganjarannya”. (HR Bukhari)

Dengan dilihatnya orang yang berpuasa secara khusus oleh Allah, maka sebaiknya dirinya memaksimalkan dengan amalan lain. Dari amalan ringan seperti membaca Al-Quran hingga amalan sosial seperti infak maupun sedekah.

Lembaga Amil Zakat Laziskhu
Lembaga Amil Zakat Laziskhu

Jika memang terhalang oleh kesibukan, di kehidupan modern ini umat Islam dapat memanfaatkan layanan lembaga sosial seperti Laziskhu.

Dengan memaksimalkan amalan ketika berpuasa, harapannya Allah akan memberikan rahmatNya. Tak ada harapan yang lebih besar bagi seorang hamba kecuali rahmat dan cinta Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan taufik dan petunjuk pada hambaNya agar ringan melaksanakan puasa Muharram.