Lazis Khoiru Ummah

Inilah 5 Manfaat Membangun Masjid yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat membangun masjid terbilang cukup banyak. Tidak mengherankan jika ada banyak sekali orang yang berniat sedekah untuk membangun masjid. Sebagai tempat ibadah umat muslim, keberadaan masjid terbilang cukup penting. Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki niatan membangun masjid akan mendapatkan banyak sekali  keutamaan.

Hingga saat ini, pembangunan masjid masih terus berlangsung. Program membangun masjid masih harus terus digalakkan terutama di daerah pedesaan. Wilayah pedesaan masih banyak umat muslim yang kesulitan mendapatkan akses. Mereka yang tinggal di daerah terpencil juga kekurangan akan fasilitas umum seperti masjid sebagai tempat ibadah umat muslim. 

Hadits Keutamaan Membangun Masjid

Sebagai agama yang sempurna, Islam sudah memberikan banyak sekali penjelasan terkait dengan pembangunan masjid. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya hal ini menjadi motivasi bagi diri sendiri untuk mengamalkannya. Terlebih lagi Ketika Anda merupakan seorang muslim yang mendambakan keberkahan dan pahala sedekah masjid. 

Rasulullah¬† Shalallaahu Alaihi Wassalaam bersabda “Siapa yang membangun masjid karena allah ta’ala walaupun hanya se lubang tempat burung bertelur atau lebih kecil maka Allah akan bangunkan baginya rumah seperti itu pula di surga”, (HR Muslim no 533).

Terkait dengan penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa orang yang membangun tempat ibadah bagi umat muslim dengan niatan tulus karena Allah berpotensi besar masuk surga. Bahkan Allah juga sudah menjanjikan kepada orang tersebut akan dibuatkan rumah di surga sesuai dengan besar masjid yang dibangun di dunia.

Janji Allah untuk mereka yang membangun masjid dan memakmurkannya, Sumber: britannica.com
Janji Allah untuk mereka yang membangun masjid dan memakmurkannya, Sumber: britannica.com

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dari hari kemudian. Serta tetap melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut kepada apapun kecuali Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang yang mendapatkan petunjuk“, (QS At-Taubah : 18).

Ketika seseorang membangun masjid ataupun ikut bersedekah untuk membangun masjid, maka orang yang bersangkutan tidak perlu memikirkan apapun kecuali ridho Allah. Bahkan bisa jadi orang yang melaksanakan amalan terpuji ini bukanlah orang yang kaya, namun mereka yang dekat hatinya kepada sang pencipta. 

Manfaat Membangun Masjid dengan Niat Ikhlas

Selain beberapa keutamaan yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, ternyata masih ada banyak keutamaan lain bagi seseorang yang melakukan amalan baik tersebut. Agar lebih paham, berikut beberapa penjelasan seputar keutamaan membangun masjid yang perlu dipahami oleh umat muslim. 

1. Pahala Akan Terus Mengalir

Pahala jariyah untuk mereka yang ikhlas membangun masjid demi ridho Allah, Sumber: kompasiana.com
Pahala jariyah untuk mereka yang ikhlas membangun masjid demi ridho Allah, Sumber: kompasiana.com

Keutamaan membangun masjid yang pertama adalah pahala akan terus mengalir. Akan ada beberapa pahala amalan serta kebaikan yang selalu umat muslim dapatkan setelah sepeninggalannya yaitu masjid yang dibangun, rumah yang dibangun untuk orang yang dalam perjalanan, mushaf yang ditinggalkan, dan sedekah yang dikeluarkan dari harta saat sehat. 

Amalan yang satu ini juga termasuk ke dalam salah satu bagian dari sedekah dan menginfakkan harta di jalan Allah. Oleh sebab itu seorang umat muslim yang berniat untuk melakukannya murni karena Allah Subhanahu WA Ta’ala akan diberikan pahala berlipat ganda.

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa butir benih yang menumbuhkan tujuh butir. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang dia kehendaki dan Allah Maha luas (karunia-Nya) dan Maha Mengetahui”, (QS Al-Baqarah : 261).

2. Membuka Pintu Rezeki

Tanpa disadari, membangun masjid juga mampu memperluas pintu rezeki Anda. Sedikit banyaknya rezeki untuk sedekah online membangun masjid pasti memiliki nilai kebaikan yang akan didapatkan. Sesungguhnya Allah akan melapangkan rezeki bagi yang dikehendaki dan akan menggantikan karena dia pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.

Katakanlah, sesungguhnya Rabbku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya“, (QS Saba’ : 39).

3. Keberkahan Hidup

Membangun masjid membawa keberkahan, Sumber: america.gov
Membangun masjid membawa keberkahan, Sumber: america.gov

Selama menjalankan kehidupan di dunia, keberkahan mampu menjadi salah satu kunci utama. Setiap umat muslim yang sudah mendapatkan keberkahan di dunia pasti hidupnya akan terasa lebih tenang. Apabila sudah berkeluarga, maka kehidupan keluarganya juga menjadi sakinah, mawadah, dan warohmah. 

Manfaat membangun masjid juga mampu memberikan keberkahan hidup. Selain itu keberkahan tersebut juga akan menjauhkan manusia dari segala macam bencana. Baik itu bencana kecil yang hanya berlaku kepadanya maupun bencana besar yang mampu menghancurkan lingkungan sekitarnya.

4. Mendapatkan Naungan Allah

Ketika di akhirat kelak, seorang umat muslim akan sibuk dengan dirinya masing-masing. Bahkan mereka juga akan mendapatkan catatan amal baik atau buruk. Pada kondisi tersebut seseorang yang mau dan rela mengeluarkan hartanya di jalan Allah untuk membangun masjid juga akan mendapatkan naungan dari Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam. 

Hal ini juga sejalan dengan hadis yang mengatakan “Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya hingga diputuskan perkara-perkara di antara manusia“, (Al-Musnad). Oleh sebab itu agar bisa mendapatkan manfaat membangun masjid berupa naungan dari Allah, tidak ada salahnya sisihkan sedikit rezeki Anda untuk membantu pembangunan masjid

5. Mengerjakan Amalan Utama

Agar bisa mendapatkan pahala dari Allah ada banyak amalan baik yang bisa dikerjakan oleh. Namun dalam setiap amalannya memiliki kedudukan masing-masing di hadapan Allah Subhanahu WA Ta’ala. Besar kecilnya pahala tersebut hanya Allah saja yang tahu. Meskipun demikian, terdapat beberapa amalan tertentu yang mampu memancing pahala lebih besar.

Salah satunya adalah sedekah yang merupakan amalan utama. Umar Bin Khattab pernah berkata “Sesungguhnya amalan-amalan itu saling membanggakan diri satu sama lain. Maka sedekah pun berkata kepada amalan-amalan lainnya akulah yang paling utama diantara kalian”.

Tanpa disadari, ada banyak sekali manfaat membangun masjid yang bisa dirasakan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, sudah sepatutnya seorang muslim akan berlomba untuk mengamalkannya. Bagi Anda yang berniat melakukan sedekah untuk membangun masjid, bisa melakukan donasi melalui platform Laziskhu.