Lazis Khoiru Ummah

LOGO LAZ KHOIRU UMMAH

7 Manfaat Sedekah di Bulan Ramadhan, Pahala Dilipatgandakan!

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan kemuliaan bagi umat muslim. Pada bulan tersebut, umat muslim perlu senantiasa berbuat baik. Sedekah merupakan salah satu perbuatan baik yang bisa Anda lakukan di bulan Ramadhan. Terlebih lagi manfaat sedekah di bulan Ramadhan terbilang cukup banyak.

Keutamaan melakukan sedekah di bulan Ramadhan terbilang luar biasa. Melakukan sedekah di bulan Ramadhan mampu mendatangkan manfaat yang berlipat ganda. Oleh sebab itu sangat dianjurkan memberikan sedekah bagi umat muslim baik berupa harta benda maupun non harta sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. 

Perintah untuk Melakukan Sedekah di Bulan Ramadhan 

Perintah untuk sedekah di bulan Ramadhan, Sumber: islambeliever.com
Perintah untuk sedekah di bulan Ramadhan, Sumber: islambeliever.com

Memperbanyak sedekah di bulan puasa juga merupakan salah satu amalan baik yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Jadi di bulan Ramadhan, Anda tidak hanya diwajibkan untuk berpuasa saja. Pada bulan suci tersebut umat muslim juga dianjurkan memperbanyak amalan baik, salah satunya adalah bersedekah. 

Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak buruk” HR. Al-Baihaqi, dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744

Menurut hadist sedekah di bulan Ramadhan tersebut, melakukan amalan baik pada bulan puasa mampu mendatangkan banyak sekali keutamaan. Keutamaan melakukan sedekah pada bulan puasa juga terbilang cukup menarik. 

Sedekah yang bisa dilakukan pada bulan puasa bukan hanya berwujud uang saja, namun juga bisa berupa barang/benda, makanan/minuman, tenaga, pakaian, ilmu, dan lain sebagainya. Jadi ada banyak sekali kategori sedekah yang bisa diberikan kepada seseorang. Bahkan Anda juga bisa sedekah online yang dapat dilakukan dari rumah tanpa mengurangi manfaatnya.

Manfaat Sedekah di Bulan Ramadhan, Penuh Makna 

Pada bulan puasa, semua orang bisa menuai pahala sebanyak-banyaknya. Bersedekah pada bulan Ramadhan mampu mendatangkan banyak keutamaan. Lantas apa manfaat sedekah di bulan Ramadhan? Agar bisa memahami manfaat dan keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini. 

1. Dijauhkan dari Bara Api Neraka

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan sedekah di bulan Ramadhan adalah dijauhkan dari bara api neraka. Neraka merupakan tempat dari balasan bagi seseorang yang timbangan amal buruknya lebih berat jika dibandingkan dengan amalan baiknya.

Sudah sewajarnya jika semua umat muslim enggan atau tidak ingin masuk ke neraka. Pasalnya hukuman di neraka tidak ada yang bisa menandinginya. Oleh sebab itu salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan agar dijauhkan dari bara api neraka adalah dengan senantiasa melakukan perbuatan baik. 

Salah satunya adalah dengan melakukan sedekah. Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu waktu sedekah yang tepat karena pahalanya akan berlipat ganda. Setiap umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah pada bulan penuh pengampunan tersebut. 

2. Pahala Menjadi Berlipat Ganda

Manfaat sedekah di bulan Ramadhan selanjutnya adalah dilipat gandakan pahalanya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa akan melipatgandakan pahala untuk orang-orang yang melakukan sedekah pada bulan yang penuh berkah ini. 

Pahala yang diperoleh akan bertambah hingga 700 kali lipat. Jadi setiap umat muslim disunahkan selalu mengerjakan amalan baik selama bulan suci Ramadhan. Jadi limpahan pahala yang diberikan bisa dijadikan sebagai bekal kelak di akhirat.

3. Hati yang Lapang dan Limpahan Kebahagiaan 

Ketika umat muslim mengerjakan amalan baik selama bulan Ramadhan, maka senantiasa akan mendapatkan limpahan kebahagiaan dan hati yang lapang. Orang yang melakukan sedekah akan merasa bahwa dirinya selalu diberikan nikmat yang begitu besar oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ketika melihat orang lain bahagia, maka dirinya akan merasa lebih bahagia. 

4. Dibebaskan dari Siksa Alam Kubur

Sedekah menjauhkan dari siksa alam kubur, Sumber: kompas.com
Sedekah menjauhkan dari siksa alam kubur, Sumber: kompas.com

Selain beberapa hal di atas, manfaat bersedekah di bulan Ramadhan selanjutnya adalah dibebaskan dari siksa alam kubur. Bagi Anda yang ingin terlepas dari siksa alam kubur, sebaiknya selalu melakukan amalan baik dan menjauhi amal buruk. Apapun bentuknya, semua amal buruk harus benar-benar dijauhi.

Nikmat di dunia, belum tentu nikmat di akhirat. Setiap manusia hanyalah hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang diciptakan dan diturunkan ke bumi, jadi pastikan untuk senantiasa bersyukur kepada-Nya. Bentuk sedekah yang bisa dilakukan tidak dibatasi. Bisa dimulai dari hal-hal kecil misalnya memberi senyuman kepada orang lain dengan tulus. 

5. Menjadi Penggugur Dosa

Keutamaan melakukan sedekah di bulan suci Ramadhan selanjutnya adalah menjadi pengguguran dosa. Umat muslim yang senantiasa melakukan sedekah akan diampuni dosanya. Sedekah yang dilakukan pada poin ini tentu juga harus disertai dengan taubat atas dosa yang sudah dilakukan sebelumnya. 

Baik itu sengaja berbuat maksiat, memakan riba, korupsi, mencuri, mengambil harta anak yatim dan melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam Islam. Jadi sedekah yang disertai dengan taubat mampu menjadi penggugur atas dosa-dosa yang sudah dilakukan sebelumnya. 

6. Investasi di Akhirat

Sedekah menjadi investasi akhirat, Sumber: pesantrenmaqi.net
Sedekah menjadi investasi akhirat, Sumber: pesantrenmaqi.net

Sedekah yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan juga bisa menjadi investasi di akhirat kelak. Dalam hal ini, Kegiatan memberikan infak kepada orang yang membutuhkan bisa menjadi amalan baik. 

Jadi ketika tiba hari akhir, amalan kebaikan tersebut mampu menyelamatkan Anda dari siksa api neraka. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menyisihkan sebagian harta Anda mulai dari sekarang demi mendapatkan keberkahan kemudian. 

7. Jaminan Surga

Keutamaan melakukan sedekah di bulan suci Ramadhan selanjutnya adalah jaminan surga dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Contoh sedekah di bulan Ramadhan yang bisa mendapatkan jaminan surga adalah mengerjakan 3 amalan yang dilakukan secara berkelanjutan, yaitu shalat malam, berpuasa, dan sedekah. 

Apabila amalan baik tersebut dilakukan dengan rutin, ikhlas, dan sepenuh hati selama bulan suci Ramadhan maka Allah yang maha pemurah akan memberi kesempatan bagi hamba-Nya agar bisa menuai pahala yang luar biasa. Pahala tersebut yaitu menghapus dosa yang sudah berlalu dan mendapatkan jaminan surga. 

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, bentuk sedekah tidak hanya bisa diberikan secara langsung. Anda juga bisa melakukan sedekah secara online melalui Laziskhu tanpa mengurangi manfaat sedekah di bulan Ramadhan. Kegiatan sedekah tersebut bisa Anda berikan secara online melalui website dan aplikasi penyalur donasi resmi.