Lazis Khoiru Ummah

LOGO LAZ KHOIRU UMMAH

Ngaji Bareng Laziskhu dan Santunan Yatim Dhuafa di Panti Asuhan Sunan Ampel

Sama seperti Ahad pekan terakhir bulan sebelumnya, Panti Asuhan Sunan Ampel kembali mengadakan acara Ngaji Bareng dan Santunan untuk Yatim Dhuafa  pada tanggal 24 September 2023. 

Kegiatan ngaji bareng pun tidak hanya dihadiri oleh anak-anak Panti Asuhan, namun juga melibatkan pengurus panti serta Amil Laziskhu.

Kegiatan mengaji bareng ini sebenarnya sudah menjadi agenda rutin bulanan yang dilaksanakan setiap Ahad pekan terakhir. Kegiatan tersebut senantiasa dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan kepada anak-anak yatim.

Kegiatan mengaji bareng, Sumber: kompaspedia
Kegiatan mengaji bareng, Sumber: kompaspedia

Acara ngaji bareng dan santunan untuk yatim dhuafa alhamdulillah berjalan dengan lancar dan tanpa ada halangan maupun kendala yang berarti. Dengan diikuti oleh semua keluarga besar Panti Asuhan Sunan Ampel, kegiatan mengaji dimulai sejak bada’ subuh hingga menjelang dhuhur.

Suasana sangat tenang dan pengajian berjalan dengan sangat khusuk. Semua peserta tampak bahagia dan mengapresiasi jalannya kegiatan hingga usai.

Selain ngaji bareng, acara ini juga diisi dengan santunan untuk yatim dan dhuafa.

Seperti yang diketahui, Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangat menganjurkan bagi umatnya untuk menyayangi serta menyantuni anak yatim. Dalam Al-Qur’an juga telah diperjelas bahwa anak yatim merupakan anak yang harus diperhatikan dan dirawat dengan penuh kasih sayang. 

Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al-Qur’an Surah Al -Baqarah [2] : 220.

“Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah ‘Memperbaiki keadaan mereka adalah baik.’”

Dengan diadakannya pengajian rutin ini, diharapkan mampu membantu lebih banyak lagi anak yatim dhuafa serta dapat menghadirkan kasih sayang dengan sesama. 

Tak cukup sampai di sini, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk lebih mendekatkan diri pada Al Qur’an melalui pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan penjelasan beberapa ayat yang dibacakan.

Karena seperti yang diketahui, era modernisasi membuat banyak umat menjadi lebih sibuk dengan dunia hingga lalai membaca Al Qur’an. Semuanya sudah tergeser dengan kehadiran perangkat-perangkat modern dan canggih. Banyak orang yang lebih memilih menatap layar handphone daripada membuka halaman demi halaman Al Qur’an.

Para anak Panti Asuhan Sunan Ampel pun mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi Laziskhu dalam acara pengajian dan santunan yatim dhuafa kali ini. Bantuan moral dan material yang diberikan melalui acara tersebut pun diakui membuat para yatim dan dhuafa merasa lebih diperhatikan dan disayangi.

“Syukur alhamdulillah, kami mengucapkan banyak terimakasih atas semua bantuan moral dan material yang telah diberikan oleh Amil Laziskhu. Kami merasa disayangi dan lebih diperhatikan. Kami juga menjadi lebih semangat untuk terus mengaji dan mengamalkan Al – Qur’an.” Tutur salah satu perwakilan anak Panti Asuhan Sunan Ampel.

Berdonasi online melalui Laziskhu, Sumber: laziskhu.org
Berdonasi online melalui Laziskhu, Sumber: laziskhu.org

Untuk kedepannya, Laziskhu terus berharap bahwa anak-anak yatim dan dhuafa di luar dapat termotivasi dan terus bangkit meraih ridho Allah dan menggapai cita-cita tanpa terkendala biaya. Karena Laziskhu memiliki banyak program berbagi di berbagai bidang, seperti ekonomi, kesehatan, Pendidikan, sosial dan dakwah.

Amil Laziskhu juga mengajak para muzakki serta masyarakat yang mempunyai harta lebih untuk bekerja sama dengan Laziskhu sebagai perantara mensejahterakan masyarakat Indonesia yang kurang beruntung.

Tentu dengan semakin banyaknya masyarakat yang berpartisipasi melalui Laziskhu, baik anak yatim maupun kaum dhuafa akan lebih terjamin kehidupannya. 

Selanjutnya dana yang telah terkumpul akan disalurkan ke target yang tepat, karena Amil Laziskhu bakal melakukan survei terlebih dahulu sebelum penyaluran bantuan.