Lazis Khoiru Ummah

LOGO LAZ KHOIRU UMMAH

Sedekah Harian, Amalan Ringan Berpahala Besar

Adanya amalan sedekah patut disyukuri oleh umat Islam. Sebab selain besarnya keutamaan saat melakukannya, fleksibilitas sedekah menjadikannya mudah untuk diamalkan. Bahkan seorang muslim bisa melakukan sedekah harian untuk merepresentasikan ketakwaan.

Bukan soal banyak atau sedikitnya nominal dalam bersedekah. Jika terasa berat, sedekah rutin yang dilakukan setiap hari dapat disesuaikan dengan kemampuan. Untuk merepresentasikan ketakwaan dengan bersedekah tidaklah harus dengan memaksakan diri, namun melakukannya semaksimal kemampuan yang didasari oleh niat yang tulus.

Lantas, apa sebenarnya keutamaan dan larangan bagi seorang muslim dalam melakukan sedekah harian? 

Anjuran Sedekah

Setiap muslim perlu mengingat, bahwa sedekah merupakan amalan yang dianjurkan dalam syariat Islam. Baik dalam Al Quran maupun dalam hadits Nabi, dijelaskan mengenai perintah dan anjuran untuk bersedekah.

Perintah sedekah dalam Al Qur'an, Sumber: kompasiana.com
Anjuran sedekah dalam Al Qur’an, Sumber: kompasiana.com

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 267 yang artinya,

Wahai orang-orang beriman infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu”.

Para ulama sepakat, pentingnya sedekah perlu menjadi perhatian setiap orang beriman. Bahkan dalam kitab Fathul Mu’in, Syekh Zainuddin Al Malibari menganjurkan untuk sedekah setiap hari meskipun sedikit. Beliau menuliskan yang artinya,

Orang yang ingin berbuat baik seharusnya tidak melewatkan kesempatan bersedekah setiap hari semampunya, meskipun sedikit. Bersedekah secara diam-diam lebih baik daripada memperlihatkannya”.

Hal itu bukanlah sesuatu yang mengherankan. Sebab dalam sedekah, selain berpotensi menjadi pahala yang tidak terputus, juga menjadi amalan yang dicita-citakan oleh orang yang sudah meninggal dunia.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al Munafiqun ayat 10 yang artinya,

Dan Infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu. Lalu dia berkata (dengan penyesalan), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan untuk menunda (kematianku) meski sebentar saja, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk ke dalam orang-orang yang shaleh”.

Keutamaan Sedekah Harian

Keutamaan sedekah harian, Sumber: detik.com
Keutamaan sedekah harian, Sumber: detik.com

Sedekah yang dilakukan setiap hari memiliki keutamaan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa keutamaan dari sedekah rutin setiap hari:

1. Pahala Berlipat

Tidak melihat seberapa banyak yang disedekahkan, sedekah setiap hari bisa mendatangkan pahala berlipat bagi muslim yang melakukannya. Sebab Allah melihat usaha yang dilakukan seorang hamba. Dengan ketulusan dan usaha yang serius, yang sedikit di hadapan manusia bisa jadi banyak di hadapan Allah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 261 yang artinya,

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa saja yang Dia Kehendaki. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui”.

2. Didoakan Malaikat

Selain itu keutamaan amalan sedekah yang lain adalah adanya malaikat yang mendoakannya. Malaikat akan mendoakan kebaikan pada orang yang rela bersedekah. Dan akan mendoakan keburukan bagi yang enggan melakukannya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Ketika hamba berada pada setiap pagi ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang gemar berinfak”. Dan Malaikat yang lain juga berdoa, “Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah”. (HR Muslim)

Dengan adanya doa dari para Malaikat ini sebaiknya seorang muslim mulai belajar membiasakan sedekah setiap hari. Memulai dengan yang sedikit, lambat laun akan terbiasa melakukannya. Dan tidak mustahil suatu saat menjadi ahli sedekah.

3. Mengundang Kecintaan Allah

Selain itu orang yang rutin melakukan sedekah harian juga akan mengundang kecintaan Allah. Konsisten melakukan amal kebaikan meskipun kecil lebih Allah cintai daripada amalan besar namun hanya sesekali. Sebab dalam amalan yang konsisten lebih mencerminkan keikhlasan hati seorang hamba.

Rasulullah bersabda yang artinya,

Amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang rutin dilakukan meskipun sedikit”. (HR Bukhari)

Itulah beberapa keutamaan yang akan didapatkan bagi yang melakukan sedekah harian dengan ikhlas. Yakni hanya mengharap ridha Allah semata. Serta dalam bersedekah tidak melakukan apa yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Larangan dalam Sedekah Harian

Larangan dalam sedekah harian, Sumber: islampos.com
Larangan dalam sedekah harian, Sumber: islampos.com

Bagi yang ingin mengamalkan sedekah harian, sebaiknya dalam sedekah tidak melakukan apa yang dilarang Allah. Di antara larangannya adalah:

1. Keluarga dalam Kekurangan

Melakukan amalan sedekah merupakan sebuah kebaikan, namun jika keluarga masih dalam kekurangan maka alangkah lebih baik sedekah diberikan kepada keluarga. Sebab jika memaksakan sedekah diberikan kepada orang lain, dikhawatirkan akan memunculkan kemudharatan bagi keluarga.

Rasulullah bersabda yang artinya,

Sedekah yang terbaik adalah yang dikeluarkan selebih keperluan. Dan mulailah dari orang yang kamu tanggung”. (HR Bukhari)

Bagi muslim yang hidupnya pas-pasan, sebelum mengeluarkan sedekah perlu memiliki trik sedekah harian. Hal tersebut agar antara keluarga dan keinginan untuk melakukan amal sholeh bisa berjalan harmonis tanpa menimbulkan masalah. 

2. Sikap Riya’

Selanjutnya yang juga perlu dihindari ketika sudah biasa melakukan sedekah harian adalah adanya sikap riya’. Orang yang rajin sedekah namun ada sikap riya’ di hatinya, sesungguhnya dirinya tidak mendapatkan apapun dari sedekahnya kecuali kerugian.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 264 yang artinya,

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya’ kepada sesama manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir”.

Nah itulah beberapa larangan yang perlu dihindari dalam melakukan sedekah harian. Amalan baik juga perlu dilakukan dengan cara yang baik pula agar mendatangkan ridho dan keberkahan dari Allah.

Sedekah Bersama Laziskhu

Lembaga Amil Zakat Laziskhu. Sumber: laziskhu.org
Lembaga Amil Zakat Laziskhu. Sumber: laziskhu.org

Bagi Anda yang ingin melakukan amalan sedekah harian dan berharap sedekahnya dapat tersalurkan kepada yang berhak, Laziskhu bisa menjadi partner Anda. Hingga saat ini, Laziskhu merupakan lembaga yang berdedikasi untuk memudahkan kaum muslim dalam memberikan perhatiannya kepada sesama.

Keseriusan dalam memberikan kemudahan tersebut telah diwujudkan dalam banyak bentuk. Salah satunya adalah tersedianya layanan sedekah online. Dimana setiap muslim dapat mengakses dengan mudah melalui smartphonenya. Ketika ada niat bersedekah, tinggal mengaplikasikannya tanpa harus kemanapun.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan niat setiap hambaNya dalam melakukan amal kebaikan. Baik itu yang menyangkut sosial kemasyarakatan seperti sedekah dan zakat, maupun amal kebaikan lainnya seperti dalam ibadah.