Lazis Khoiru Ummah

LOGO LAZ KHOIRU UMMAH

Sedekah Untuk Penghafal Al Quran, Amalan dengan Banyak Keutamaan

Pernahkah Anda berkeinginan sedekah untuk penghafal Al Quran? Meskipun sedekah dapat diberikan kepada siapapun, namun sedekah yang satu ini sebaiknya perlu direncanakan. Sebagai orang yang berupaya menjaga kitab suci, memberikan sedekah kepadanya memiliki banyak keutamaan.

Tidak semua penghafal Al Quran merupakan orang yang kurang dalam segi ekonomi. Namun dalam bersedekah, selain bisa melihat dari sisi penerima, juga perlu melihat dari sisi yang memberikan.

Yang perlu diingat adalah tidak semua orang mampu menjadi penghafal Al Quran. Dengan memberikan sedekah kepadanya, harapannya satu diantara keutamaannya bisa menegaskan keikutsertaan dalam memelihara Al Quran.

Esensi Penjagaan Al Quran

Sebagai kitab suci penyempurna kitab-kitab sebelumnya, Allah akan menjaga keaslian Al Quran. Hal itu Allah pertegas dengan firmanNya dalam Surat Al Hijr ayat 9 yang artinya,

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran dan pasti Kami (pula) yang akan memeliharanya”.

Salah satu esensi penjagaan Al Quran dari Allah yakni dengan menggerakkan hati hambaNya untuk menghafal Al Quran. Melalui mereka, Al Quran terpelihara. Buktinya adalah Allah memunculkan para penghafal Al Quran tidak hanya dari kalangan dewasa, namun juga dari anak-anak hingga orang tua bahkan orang cacat.

Usaha dalam menghafalkan Al Quran, Sumber: iqraonline.com
Usaha dalam menghafalkan Al Quran, Sumber: iqraonline.com

Lantas bagaimana dengan yang tidak mampu menghafal? Bagi yang tidak mampu, keberpihakan pada Al Quran dan yang menghafalnya juga termasuk bagian dari penjaga Al Quran.

Maka, bagi yang merasa tidak mampu menghafal Al Quran sebaiknya memuliakan para penghafalnya. Dengan demikian, selain dirinya akan mendapat keutamaan juga masuk menjadi orang yang peduli pada Al Quran. 

Salah satu cara memuliakan para penghafal Al Quran adalah dengan bersedekah. Meskipun sedekah tidak harus dalam jumlah besar seperti memberikan fasilitas yang lengkap.

Kabar gembiranya, keutamaan memuliakan penghafal Al Quran tidak kalah dengan memuliakan anak yatim. Jika Rasulullah begitu menyayangi anak yatim, maka tanpa Al Quran yang terjaga mustahil umat Islam mampu menjalani kehidupan yang baik menurut Allah. 

Keutamaan Sedekah Untuk Penghafal Al Quran

Sedekah untuk para penghafal Al Quran, Sumber: alfatihah.com
Sedekah untuk para penghafal Al Quran, Sumber: alfatihah.com

Sedekah kepada penghafal Al Quran keutamaannya tidak hanya terasa saat di dunia, namun hingga ke akhirat. Dan berikut adalah keutamaannya:

1. Pahala Seperti Penghafal Al Quran

Menghafalkan Al Quran memiliki banyak keutamaan dan mendatangkan banyak pahala. Tetapi disebabkan tidak semua orang mampu menghafal, maka Allah memberi kesempatan pada muslim yang lain untuk mendapatkan pahalanya.

Cara untuk mendapatkan pahala seperti penghafal Al Quran yakni dengan sedekah pada mereka. Disinilah istimewanya sedekah. Selain bisa menjadi amalan untuk melancarkan rezeki, juga bisa menjadi amalan yang mengalirkan pahala yang sama seperti pelaku amalan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun”. (HR Ahmad)

Jika memberi sedekah makanan pada orang yang berpuasa pahalanya seperti hadits di atas, tentu bersedekah pada para penghafal Al Quran juga memiliki dampak yang sama, yakni mengalirkan pahala sebagaimana pahala yang didapat oleh para hafidz.

2. Menghapus Dosa

Sedekah pada penghafal Al Quran juga bisa menghapuskan dosa. Dalam hal ini sebenarnya bermakna luas. Bahkan tidak hanya pada penghafal Al Quran. Sedekah kepada siapapun secara umum bisa menjadi sebab dihapuskannya dosa.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Sedekah dapat menghapuskan dosa sebagaimana air yang memadamkan api”. (HR Tirmidzi)

3. Berkesempatan Menjadi Ahlullah

Dalam suatu kesempatan, Rasulullah menjelaskan bahwa Allah memiliki keluarga di bumi, yakni para Ahlul Quran. Dengan demikian bersedekah kepada mereka tentu berpotensi akan menjadi bagian dari Ahlullah (keluarga Allah). 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Sesungguhnya Allah itu memiliki keluarga yang terdiri daripada manusia.” Kemudian Anas bertanya, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?”, Beliau menjawab, “Yaitu ahli Quran (Orang yang membaca atau menghafalkan Al Quran lalu mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang istimewa bagi Allah “. (HR Ahmad)

4. Masuk Surga Pintu Khusus

Selanjutnya, keutamaan sedekah untuk penghafal Al Quran akan mengantarkan pada surga. Bahkan masuk surganya melalui pintu khusus yang telah disediakan oleh Allah. 

Hal itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jelaskan dalam hadits yang artinya,

Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh salah satu dari dua pintu surga. “Wahai hamba Allah marilah menuju kenikmatan”. Jika dia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, maka dia akan dipanggil dari pintu shalat. Jika berasal dari golongan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika dia berasal dari orang yang gemar sedekah maka akan dipanggil dari pintu sedekah”. (HR Bukhari)

Indahnya keutamaan sedekah. Siapapun tentunya berharap bisa masuk surga. Maka sedekah sebaiknya senantiasa dilakukan ketika masih di dunia. 

5. Mengembangkan Kebaikan

Dengan keutamaan sedekah yang begitu banyak, yang lebih menggembirakan lagi sedekah yang diberikannya bisa berkembang. Dengan demikian, meskipun seseorang sedekah sekali maka pahalanya terus mengalir sebagaimana sedekahnya diperuntukkan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kananNya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang diantara kalian sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud”. (HR Tirmidzi)

Itulah beberapa keutamaan sedekah untuk penghafal Al Quran. Dengan banyaknya keutamaan menghafal Al Quran, tentu juga menjadikan sedekah kepada mereka semakin banyak. Keutamaan terkait erat dengan niat seseorang dalam menunaikan sedekah.

Salurkan Sedekah Anda

Lembaga Amil Zakat Laziskhu
Lembaga Amil Zakat Laziskhu

Sedekah untuk penghafal Al Quran berpotensi menjadi amal jariyah. Selayaknya setiap muslim menjadikan sedekah kepada mereka sebagai salah satu amalan utama.

Jika telah ada niat dalam hati, sebaiknya sedekah segera disalurkan. Apalagi saat ini sedekah semakin mudah, bahkan hanya dengan smartphone di tangan siapapun dapat menikmati layanan sedekah online.

Laziskhu menyediakan layanan sedekah untuk para penghafal Al Quran. Dengan layanan ini, Anda tidak hanya semakin mudah untuk bersedekah, tetapi sedekah yang diberikan pun akan disalurkan secara tepat untuk mereka yang memerlukan. 

Namun, apabila Anda memiliki kenalan penghafal Al Quran, bisa juga bersedekah kepada mereka. Hal itu tentu lebih baik sebab bersedekah kepada kerabat dan orang di sekitar juga memiliki keutamaan tersendiri.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala meringankan hati setiap hambaNya untuk bersedekah. Serta menerima sedekah mereka dan memberikan keutamaan-keutamaannya.